Sistem Produk PT Ultrajaya | Pengantar Bisnis
A.
Sejarah
Singkat PT Ultrajaya (Persero)
Berawal dari sebuah perusahaan susu di tahun 1950-an, PT
Ultrajaya telah berkembang dengan sangat pesat hingga mampu meraih posisi saat
ini sebagaisalah satu perusahaan terkemuka di Indonesia untuk produk-produk
susu dan jus buah.Kisah PT Ultrajaya diawali dari sebuah perusahaan susu yang
kecil padatahun 1958. Lalu pada tahun 1971, perusahaan ini memasuki tahap
pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT Ultrajaya Milk
Industry &Trading Company.PT Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan
pertama dan terbesar diIndonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman
dan makanan dalamkemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal
seperti Ultra Milk untuk produk susu, Buavita untuk jus buah segar dan Teh
Kotak untuk minumanteh segar.Lokasi pabriknya terletak sangat strategis di
pusat daerah pedalaman pertanian Bandung yang menyediakan sumberdaya alam yang
melimpah, segar dan berkualitas, mulai dari susu segar, daun teh hingga
buah-buahan tropis.Kesegaran bahan baku ini dan kualitas gizi alaminya dapat
dipertahankan melaluiteknologi proses UHT (Ultra High Temperature) dan
pengemasan aseptik tanpamenggunakan bahan pengawet apapun.
Saat ini, 90 persen dari keseluruhan hasil produksi perusahaan
inidipasarkan di seluruh Indonesia, sementara sisanya diekspor ke negara-negara
diAsia, Eropa, Timur Tengah, Australia dan Amerika Serikat. Baik untuk pasar
dalam negeri maupun ekspor, produk-produk yang dijual adalah produk
yangsejenis.Pertumbuhan pesat tersebut diraih oleh adanya sebuah filosofi
sederhana:“Sebuah tekad untuk memproduksi produk dalam kemasan berkualitas
tinggimemenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang terus meningkat”.
Kesuksesanfilosofi ini ditentukan pula oleh kemampuan PT Ultrajaya yang sudah
terbuktidalam mencapai empat sasaran.Pertama, memastikan bahwa hanya bahan baku
terbaik yang digunakanuntuk proses produksi. Kedua, memroduksi jenis produk
sebanyak mungkin untuk konsumen kami. Ketiga, PT Ultrajaya memiliki teknologi
tepat yang membantudalam pengembangan dan produksi beragam produk berkualitas.
Dan akhirnyamengirimkan produk-produk ini ke seluruh konsumen Indonesia di mana
punmereka berada. Filosofi ini yang telah membuat PT Ultrajaya sukses di
masalampau, akan terus diterapkan di masa mendatang.
B.
Struktur
Organisasi Perusahaan
Dalam seitap perusahaan struktur organisasi sangat penting
fungsinyakarena adanya struktur organisasi perusahaan, maka setiap karyawan
akanmemperoleh gambaran tentang peranan masing-masing bagian serta
mengetahuiwewenang dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya. Oleh karena
itustruktur organisasi dibuat dan disesuaikan dengan perkembangan, kemampuan
dan keadaan perusahaan. Dengan struktur organisasi maka dapat dilihat pembagian
tugas dalam organisasi dan kegiatan perusahaan secara garis besar.Berikut ini
adalah gambaran struktur organisasi PT Ultrajaya.
C. Produk-Produk PT UltraJaya
Ultra Milk
Ultra Milk merupakan susu kotak
UHT pertama dan terpopuler di Indonesia. Ultra Milk tersedia dalam pilihan
rasa:
·
Ultra Milk Susu UHT Full
Cream (Kotak 1 liter, 250 ml, 200ml)
·
Ultra Milk Susu UHT Rasa
Coklat (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml, 125 ml)
·
Ultra Milk Susu UHT Rasa
Stroberi (Kotak 250 ml, 200 ml, 125 ml)
·
Ultra Milk Susu UHT Rasa
Moka (Kotak 250 ml, 200 ml)
·
Ultra Milk Low Fat
Hi-Calcium Full Cream (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml)
·
Ultra Milk Low Fat
Hi-Calcium Rasa Coklat (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml)
Ultra Susu Kental Manis
·
Ultra SKM Full Cream
·
Ultra SKM Rasa Coklat
Ultra Mimi
Ultra Mimi merupakan
susu kotak UHT yang cocok untuk anak-anak. Ultra Mimi (kotak 125 ml) tersedia
dalam pilihan rasa:
·Mimi
Rasa Coklat
·Mimi
Rasa Vanila
·Mimi
Rasa Stroberi
Teh Kotak
Teh Kotak merupakan produk
minuman teh dalam kemasan kotak pertama di Indonesia. Teh Kotak tersedia dalam
pilihan kemasan:
·
Teh Kotak Jasmine Tea
(kotak 500 ml, 200 ml plus ekstra 100 ml)
Selain itu Teh Kotak juga
mengeluarkan Teh Kotak Rasa Buah (kotak 200 ml plus ekstra 50 ml) yang tersedia
dalam pilihan rasa:
·
Teh Kotak Rasa Apel
·
Teh Kotak Rasa
Blackcurrant
·
Teh Kotak Rasa Jambu
·
Teh Kotak Rasa Jeruk
·
Teh Kotak Rasa Stroberi
·
Teh Kotak Rasa Lemon
Madu
Kiyora
Kiyora merupakan produk minuman
teh dalam kemasan botol. Diproduksi bersama Ito En dengan Ultrajaya. Kiyora
tersedia dalam pilihan rasa:
·
Kiyora Teh Hijau
·
Kiyora Ekstra Teh Hijau
·
Kiyora Teh Susu
·
Kiyora Matcha Latte
Keju (kerjasama antara Kraft dan Ultrajaya)
·
Qeju
·
Kraft Singles
·
Kraft Cheddar
·
Kraft Quick Melt
Produk lain
·
Sari Asem Asli (Kotak
250ml)
·
Sari Kacang Ijo (Kotak
250ml)
·
Cap Sapi Krimer Kental
Manis
D. Proses Pembuatan Produksi
Proses Produksi Susu Segar
UHT
( Ultra Milk Full
Cream, Ultra Milk Low Fat Hi Calcium, Ultra Milk Varian Rasa, Ultra Mimi )
Susu segar kami diproduksi dan disterilkan
dalam proses Ultra High Temperature ( UHT ), dimana bahan baku di panaskan
dalam suhu tinggi mencapai 140° C dalam waktu 4 detik, hal ini untuk
mengelminasi seluruh bakteri patogen. Waktu pemanasan yang singkat bertujuan
untuk meminimalisir hilangnya kandungan nutrisi dan menjaga kesegarannya.
Setelah
proses produksi selesai, selanjutnya dikemas dalam kemasan aseptik yang terdiri
dari 6 lapisan karton. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan
polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar
ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi susu.
Kombinasi
yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik ini,
menjamin Ultra Milk Full Cream bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar
sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat halal dari
Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Penyimpanan
Sebelum
dibuka:
Sebaiknya disimpan dalam suhu kamar meskipun
tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu penyimpanan yaitu maksimum 10
bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih dan tempat
yang sejuk.
Setelah dibuka:
Kemasan harus ditutup rapat dan disimpan
dalam lemari pendingin dalam suhu 4° C. Produk harus dihabiskan maksimal dalam
7 hari, namun sebaiknya langsung diminum habis setelah dibuka, supaya tetap
terjaga kesegarannya.
Proses Produksi Minuman
Teh UHT
( The Kotak
Jasminen Tea, Teh Kotak Flavored Tea )
Setelah
daun teh direbus dan dicampur dengan gula, kemudian di sterilisasikan melalui
proses Ultra High Temperature ( UHT ) dengan pemanasan cepat pada temperatur
120° C selama 4 detik untuk mengeliminasi seluruh bakteri. Singkatnya waktu
pemanasan ini untuk memastikan aroma dan kesegaran tetap terjaga.
Setelah teh selesai diproses, kemudian di
kemas dalam karton dengan 6 lapisan aseptik. Keenam lapisan karton ini terdiri
dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi
dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi
minuman teh.
Kombinasi yang sangat baik antara proses UHT
dan proses pengemasan yang aseptik menjamin Teh Kotak Jasmine bertahan lama
tanpa ada kerusakan dari luar sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah
mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Penyimpanan
Sebelum dibuka:
Teh Kotak Jasmine sebaiknya disimpan dalam tempat dengan suhu sejuk meskipun tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu penyimpanan yaitu maksimum 12 bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih dan tempat yang sejuk.
Teh Kotak Jasmine sebaiknya disimpan dalam tempat dengan suhu sejuk meskipun tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu penyimpanan yaitu maksimum 12 bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih dan tempat yang sejuk.
Setelah
dibuka:
Kemasan harus ditutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin dalam suhu 4° C. Produk harus dihabiskan maksimal dalam 7 hari. Walaupun begitu, akan sangat baik jika untuk kemasa 300ml, anda langsung meminum habis.
Kemasan harus ditutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin dalam suhu 4° C. Produk harus dihabiskan maksimal dalam 7 hari. Walaupun begitu, akan sangat baik jika untuk kemasa 300ml, anda langsung meminum habis.
Proses
Produksi Minuman Sehat UHT
( Ultra Sari Kacang Ijo, Ultra Sari Asem Asli)
Setelah ekstrak kacang hijau dan bahan baku
alami lainnya selesai diolah, selanjutnya distrelisasikan dengan proses Ultra
High Temperature (UHT).
Ultra Sari
Kacang Ijo selalu dipanaskan dalam suhu 140° C dengan waktu yang sangat singkat
selama 4 detik. Hal ini untuk mengeleminir seluruh bakteri dan juga menjaga
kesegaran dari ekstrak kacang ijo dan bahan baku alami lainnya.
Setelah
Ultra Sari Kacang Ijo selesai diproses secara aseptik, kemudian dikemas dalam
karton dengan 6 lapisan aseptik. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan
polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar
ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi minuman
sehat ini.
Kombinasi
yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik menjamin
Ultra Sari Kacang Ijo bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar sebelum
dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama
Indonesia (MUI).
Ultra Sari
Kacang Ijo tersedia dalam ukuran kemasan : 250ml dan 150 ml.
Penyimpanan
Sebelum dibuka:
Ultra Sari Kacang Ijo baik disimpan dalam
tempat dengan suhu sejuk meskipun tanpa diletakkan dalam lemari pendingin.
Batas maksimum penyimpanan yaitu 10 bulan. Tempat penyimpanan sebaiknya
ditempat yang kering, bersih dan sejuk.
Setelah dibuka:
Kemasan harus tertutup rapat dan berada dalam
lemari pendingin dengan suhu 4°C.
Walaupun begitu, sangat baik jika produk langsung diminum habis begitu dibuka agar anda tetap mendapat kesegaran dari minuman Ultra Sari Kacang Ijo.
Walaupun begitu, sangat baik jika produk langsung diminum habis begitu dibuka agar anda tetap mendapat kesegaran dari minuman Ultra Sari Kacang Ijo.
Proses Produksi Susu Kental
Manis
( Cap Sapi )
Cap Sapi Krimer Kental Manis diproduksi dan
dipasturisasi dengan perangkat mesin dan monitoring sistem komputer otomatis,
serta menggunakan formula yang akurat untuk mendapatkan produk dengan kualitas
tinggi dengan tingkan kemanisan dan kekentalan yang tepat. Produk ini dibuat
dengan tambahan gula yang dikemas dalam kaleng steril agar tetap terjaga kualitasnya.
Produk ini
juga sudah mendapat sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia ( MUI ).
Penyimpanan
Sebelum
dibuka:
Cap
Sapi Krimer Kental Manis dapat disimpan dalam suhu kamar tanpa lemari
pendingin. Jangka waktu penyimpanan maksimum 12 bulan. Tempat sekitarnya
sebaiknya tempat yang kering, bersih dan sejuk.
Setelah
dibuka:
Kemasan
harus ditutup kuat dan disimpan di lemari pendingin atau ditempat kering dan
bersih.
E. Strategi Pemasaran PT Ultra Jaya
PEMASARAN
ULTRAJAYA MILK
Kekuatan
utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus
membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk
memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Untuk
melaksanakan hal ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan
dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling
penting, distribusi.
Perusahaan
ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan
distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari
Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh
adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama
melayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional), hotel dan
pelanggan komersial.
Jaringan
distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajaya yang terdiri
dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depo dan
kantor cabang di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor
lokal.
Pasar utama
PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orang yang memiliki
tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total
produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki
pasar ekspor ke negara-negara tertentu.
Pemasaran ULTRAJAYA
MILK Di Indonesia
Pola konsumsi
susu di Indonesia sangat menarik untuk disimak karena pola konsumsi susu di
Indonesia didominasi oleh susu bubuk. Pola konsumsi susu tersebut berkebalikan
dengan Negara-negara lain di dunia dimana Negara-negara tersebut lebih banyak
mengkonsumsi susu cair dibandingkan dengan susu bubuk.
Industri
makanan dan minuman di Indonesia memiliki harapan yang sangat positif. Negara
ini memiliki populasi besar dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa.
Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi
lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman
yang terkemuka di Indonesia, PT Ultrajaya berada pada posisi yang sangat
menguntungkan dengan kondisi tersebut.
PT Ultrajaya
mengalami kesuksesan terus menerus sebagai hasil dari strategi yang dilakukan
agar dapat tumbuh terus dan keragaman produknya yang diterima baik oleh
konsumen Indonesia. Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar,
peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan tekad
bulat kami terhadap kualitas terbaik, akan memastikan bahwa kami dapat meraih
pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang.
PT Ultrajaya
mengalami kesuksesan terus menerus sebagai hasil dari strategi yang dilakukan
agar dapat tumbuh terus dan keragaman produknya yang diterima baik oleh
konsumen Indonesia.
Referensi
:
https://leosukmawijaya.wordpress.com/2010/04/09/analisis-strategi-pemasaran-pada-pt-ultrajaya-milk/
( diakses 15/11/2018 )
Komentar
Posting Komentar