Sistem Produk PT Ultrajaya | Pengantar Bisnis



A.  Sejarah Singkat PT Ultrajaya (Persero)
Berawal dari sebuah perusahaan susu di tahun 1950-an, PT Ultrajaya telah berkembang dengan sangat pesat hingga mampu meraih posisi saat ini sebagaisalah satu perusahaan terkemuka di Indonesia untuk produk-produk susu dan jus buah.Kisah PT Ultrajaya diawali dari sebuah perusahaan susu yang kecil padatahun 1958. Lalu pada tahun 1971, perusahaan ini memasuki tahap pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry &Trading Company.PT Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar diIndonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalamkemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra Milk untuk produk susu, Buavita untuk jus buah segar dan Teh Kotak untuk minumanteh segar.Lokasi pabriknya terletak sangat strategis di pusat daerah pedalaman pertanian Bandung yang menyediakan sumberdaya alam yang melimpah, segar dan berkualitas, mulai dari susu segar, daun teh hingga buah-buahan tropis.Kesegaran bahan baku ini dan kualitas gizi alaminya dapat dipertahankan melaluiteknologi proses UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik tanpamenggunakan bahan pengawet apapun.

Saat ini, 90 persen dari keseluruhan hasil produksi perusahaan inidipasarkan di seluruh Indonesia, sementara sisanya diekspor ke negara-negara diAsia, Eropa, Timur Tengah, Australia dan Amerika Serikat. Baik untuk pasar dalam negeri maupun ekspor, produk-produk yang dijual adalah produk yangsejenis.Pertumbuhan pesat tersebut diraih oleh adanya sebuah filosofi sederhana:“Sebuah tekad untuk memproduksi produk dalam kemasan berkualitas tinggimemenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang terus meningkat”. Kesuksesanfilosofi ini ditentukan pula oleh kemampuan PT Ultrajaya yang sudah terbuktidalam mencapai empat sasaran.Pertama, memastikan bahwa hanya bahan baku terbaik yang digunakanuntuk proses produksi. Kedua, memroduksi jenis produk sebanyak mungkin untuk konsumen kami. Ketiga, PT Ultrajaya memiliki teknologi tepat yang membantudalam pengembangan dan produksi beragam produk berkualitas. Dan akhirnyamengirimkan produk-produk ini ke seluruh konsumen Indonesia di mana punmereka berada. Filosofi ini yang telah membuat PT Ultrajaya sukses di masalampau, akan terus diterapkan di masa mendatang.

B.  Struktur Organisasi Perusahaan

Dalam seitap perusahaan struktur organisasi sangat penting fungsinyakarena adanya struktur organisasi perusahaan, maka setiap karyawan akanmemperoleh gambaran tentang peranan masing-masing bagian serta mengetahuiwewenang dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya. Oleh karena itustruktur organisasi dibuat dan disesuaikan dengan perkembangan, kemampuan dan keadaan perusahaan. Dengan struktur organisasi maka dapat dilihat pembagian tugas dalam organisasi dan kegiatan perusahaan secara garis besar.Berikut ini adalah gambaran struktur organisasi PT Ultrajaya.



C.  Produk-Produk PT UltraJaya

Ultra Milk

Ultra Milk merupakan susu kotak UHT pertama dan terpopuler di Indonesia. Ultra Milk tersedia dalam pilihan rasa:
·   Ultra Milk Susu UHT Full Cream (Kotak 1 liter, 250 ml, 200ml)
·   Ultra Milk Susu UHT Rasa Coklat (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml, 125 ml)
·   Ultra Milk Susu UHT Rasa Stroberi (Kotak 250 ml, 200 ml, 125 ml)
·   Ultra Milk Susu UHT Rasa Moka (Kotak 250 ml, 200 ml)
·   Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium Full Cream (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml)
·   Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium Rasa Coklat (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml)

 

Ultra Susu Kental Manis

·      Ultra SKM Full Cream
·      Ultra SKM Rasa Coklat

 

Ultra Mimi

Ultra Mimi merupakan susu kotak UHT yang cocok untuk anak-anak. Ultra Mimi (kotak 125 ml) tersedia dalam pilihan rasa:
·Mimi Rasa Coklat
·Mimi Rasa Vanila
·Mimi Rasa Stroberi

 

Teh Kotak

Teh Kotak merupakan produk minuman teh dalam kemasan kotak pertama di Indonesia. Teh Kotak tersedia dalam pilihan kemasan:
·         Teh Kotak Jasmine Tea (kotak 500 ml, 200 ml plus ekstra 100 ml)
Selain itu Teh Kotak juga mengeluarkan Teh Kotak Rasa Buah (kotak 200 ml plus ekstra 50 ml) yang tersedia dalam pilihan rasa:
·         Teh Kotak Rasa Apel
·         Teh Kotak Rasa Blackcurrant
·         Teh Kotak Rasa Jambu
·         Teh Kotak Rasa Jeruk
·         Teh Kotak Rasa Stroberi
·         Teh Kotak Rasa Lemon Madu

 

Kiyora

Kiyora merupakan produk minuman teh dalam kemasan botol. Diproduksi bersama Ito En dengan Ultrajaya. Kiyora tersedia dalam pilihan rasa:
·         Kiyora Teh Hijau
·         Kiyora Ekstra Teh Hijau
·         Kiyora Teh Susu
·         Kiyora Matcha Latte

 

Keju (kerjasama antara Kraft dan Ultrajaya)

·         Qeju
·         Kraft Singles
·         Kraft Cheddar
·         Kraft Quick Melt

 

Produk lain

·         Sari Asem Asli (Kotak 250ml)
·         Sari Kacang Ijo (Kotak 250ml)
·         Cap Sapi Krimer Kental Manis

D.  Proses Pembuatan Produksi
Proses Produksi Susu Segar UHT
( Ultra Milk Full Cream, Ultra Milk Low Fat Hi Calcium, Ultra Milk Varian Rasa, Ultra Mimi )
Susu segar kami diproduksi dan disterilkan dalam proses Ultra High Temperature ( UHT ), dimana bahan baku di panaskan dalam suhu tinggi mencapai 140° C dalam waktu 4 detik, hal ini untuk mengelminasi seluruh bakteri patogen. Waktu pemanasan yang singkat bertujuan untuk meminimalisir hilangnya kandungan nutrisi dan menjaga kesegarannya.
Setelah proses produksi selesai, selanjutnya dikemas dalam kemasan aseptik yang terdiri dari 6 lapisan karton. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi susu.
Kombinasi yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik ini, menjamin Ultra Milk Full Cream bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Penyimpanan
Sebelum dibuka:
Sebaiknya disimpan dalam suhu kamar meskipun tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu penyimpanan yaitu maksimum 10 bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih dan tempat yang sejuk.
Setelah dibuka:
Kemasan harus ditutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin dalam suhu 4° C. Produk harus dihabiskan maksimal dalam 7 hari, namun sebaiknya langsung diminum habis setelah dibuka, supaya tetap terjaga kesegarannya.

Proses Produksi Minuman Teh UHT

( The Kotak Jasminen Tea, Teh Kotak Flavored Tea )
Setelah daun teh direbus dan dicampur dengan gula, kemudian di sterilisasikan melalui proses Ultra High Temperature ( UHT ) dengan pemanasan cepat pada temperatur 120° C selama 4 detik untuk mengeliminasi seluruh bakteri. Singkatnya waktu pemanasan ini untuk memastikan aroma dan kesegaran tetap terjaga.
Setelah teh selesai diproses, kemudian di kemas dalam karton dengan 6 lapisan aseptik. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi minuman teh.
Kombinasi yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik menjamin Teh Kotak Jasmine bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Penyimpanan
Sebelum dibuka:
Teh Kotak Jasmine sebaiknya disimpan dalam tempat dengan suhu sejuk meskipun tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu penyimpanan yaitu maksimum 12 bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih dan tempat yang sejuk.
Setelah dibuka:
Kemasan harus ditutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin dalam suhu 4° C. Produk harus dihabiskan maksimal dalam 7 hari. Walaupun begitu, akan sangat baik jika untuk kemasa 300ml, anda langsung meminum habis.

Proses Produksi Minuman Sehat UHT
 ( Ultra Sari Kacang Ijo, Ultra Sari Asem Asli)
Setelah ekstrak kacang hijau dan bahan baku alami lainnya selesai diolah, selanjutnya distrelisasikan dengan proses Ultra High Temperature (UHT).
Ultra Sari Kacang Ijo selalu dipanaskan dalam suhu 140° C dengan waktu yang sangat singkat selama 4 detik. Hal ini untuk mengeleminir seluruh bakteri dan juga menjaga kesegaran dari ekstrak kacang ijo dan bahan baku alami lainnya.
Setelah Ultra Sari Kacang Ijo selesai diproses secara aseptik, kemudian dikemas dalam karton dengan 6 lapisan aseptik. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi minuman sehat ini.
Kombinasi yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik menjamin Ultra Sari Kacang Ijo bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Ultra Sari Kacang Ijo tersedia dalam ukuran kemasan : 250ml dan 150 ml.
Penyimpanan
Sebelum dibuka:
Ultra Sari Kacang Ijo baik disimpan dalam tempat dengan suhu sejuk meskipun tanpa diletakkan dalam lemari pendingin. Batas maksimum penyimpanan yaitu 10 bulan. Tempat penyimpanan sebaiknya ditempat yang kering, bersih dan sejuk.
Setelah dibuka:
Kemasan harus tertutup rapat dan berada dalam lemari pendingin dengan suhu 4°C. 

Walaupun begitu, sangat baik jika produk langsung diminum habis begitu dibuka agar anda tetap mendapat kesegaran dari minuman Ultra Sari Kacang Ijo.

Proses Produksi Susu Kental Manis
( Cap Sapi )
Cap Sapi Krimer Kental Manis diproduksi dan dipasturisasi dengan perangkat mesin dan monitoring sistem komputer otomatis, serta menggunakan formula yang akurat untuk mendapatkan produk dengan kualitas tinggi dengan tingkan kemanisan dan kekentalan yang tepat. Produk ini dibuat dengan tambahan gula yang dikemas dalam kaleng steril agar tetap terjaga kualitasnya.
Produk ini juga sudah mendapat sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia ( MUI ).
Penyimpanan
Sebelum dibuka:
Cap Sapi Krimer Kental Manis dapat disimpan dalam suhu kamar tanpa lemari pendingin. Jangka waktu penyimpanan maksimum 12 bulan. Tempat sekitarnya sebaiknya tempat yang kering, bersih dan sejuk.
Setelah dibuka:
Kemasan harus ditutup kuat dan disimpan di lemari pendingin atau ditempat kering dan bersih.

E.  Strategi Pemasaran PT Ultra Jaya

PEMASARAN ULTRAJAYA MILK
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Untuk melaksanakan hal ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling penting, distribusi.

Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama melayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional), hotel dan pelanggan komersial.

Jaringan distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajaya yang terdiri dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depo dan kantor cabang di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.

Pasar utama PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orang yang memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu.

Pemasaran ULTRAJAYA MILK Di Indonesia
Pola konsumsi susu di Indonesia sangat menarik untuk disimak karena pola konsumsi susu di Indonesia didominasi oleh susu bubuk. Pola konsumsi susu tersebut berkebalikan dengan Negara-negara lain di dunia dimana Negara-negara tersebut lebih banyak mengkonsumsi susu cair dibandingkan dengan susu bubuk.

Industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki harapan yang sangat positif. Negara ini memiliki populasi besar dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang terkemuka di Indonesia, PT Ultrajaya berada pada posisi yang sangat menguntungkan dengan kondisi tersebut.

PT Ultrajaya mengalami kesuksesan terus menerus sebagai hasil dari strategi yang dilakukan agar dapat tumbuh terus dan keragaman produknya yang diterima baik oleh konsumen Indonesia. Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan tekad bulat kami terhadap kualitas terbaik, akan memastikan bahwa kami dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang.

PT Ultrajaya mengalami kesuksesan terus menerus sebagai hasil dari strategi yang dilakukan agar dapat tumbuh terus dan keragaman produknya yang diterima baik oleh konsumen Indonesia.


Referensi :


Komentar

Postingan Populer