5P & 7P dalam Bauran Pemasaran | Pengantar Bisnis
Banyak diantara kita
mungkin tidak menyadari bahwa setiap produk yang kita beli atau konsumsi
sebenarnya menjalani proses penciptaan yang rumit hingga menjadi suatu produk
yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Membutuhkan biaya hingga
menjadi produk yang dibutuhkan konsumen, memerlukan komunikasi dari produsennya
hingga kita mengetahui bahkan mengkonsumsinya, dan mungkin juga menjalani
perjalanan panjang hingga akhirnya ada di tangan kita.
Kombinasi variabel atau
kegiatan memasarkan itulah yang merupakan inti dari sistem pemasaran.
Sedikitnya ada 4 aktivitas pemasaran dan disebut dengan “Bauran Pemasaran” atau “Marketing
Mix”.
Beragam definisi atau pengertian “Bauran Pemasaran” atau “Marketing Mix” disampaikan pakar marketing namun secara umum dapat disampaikan adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Jadi, bauran pemasaran terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
Bauran pemasaran ini semakin lama semakin berkembang terutama dalam bidang jasa, tidak hanya meliputi product, promotion, price, place, dan people (5P), namun juga meninjau dari segi process, dan physical evidence yang selanjutnya dikenal dalam istilah bauran pemasaran jasa sebagai 7P.
A. 5P (Konvensional)
Istilah
ini mungkin asing untuk Anda. Apakah itu 5P ? 5P adalah taktik marketing yang
dapat Anda gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati
klien dalam target market Anda. 5P ini dapat Anda kontrol bergantung pada
kondisi internal dan eksternal Anda. Kombinasi taktik marketing yang berbeda –
beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien Anda disebut sebagai
penggunaan ‘tactical marketing mix’. Mari kita ulas apa sajakah 5P itu ?
1.
Product
Product
disini mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan
didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat
memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan
atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and
development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.
2.
Price
Price
berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan
mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien
Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya
lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya
juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
3.
Promotion
Aktivitas
promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik
penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut
disebut sebagai taktik marketing.
4.
Place
Place
adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau
didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci
utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan
mudah.
Jika
Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci
utama taktik marketing Anda.
5. People
People
mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri
Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda
telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung
Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada
akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
Ciptakan
keuntungan bisnis Anda dengan merekrut orang yang tepat, memberikan pelatihan
pada karyawan Anda untuk mengembangkan kemampuan dan mempertahankan staf yang
cakap.
B. 7P (Commercial)
Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
1.
Product
(The Services)
Produk
jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan
konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli
barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.
Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh
konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
2.
Price
Penetapan
harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan
penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan
total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus
diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan,
serta persaingan.
3.
Place
Tempat
atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan
karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya
rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi
tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi
yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk
menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik
tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan
yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur
place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran
juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi
pemasaran
4.
Promotion
Promosi
merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik,
dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi
persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen,
baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.
Tujuan kegiatan promosi antara lain :
·
Mengkomunikasikan produk baru
· Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk
yang telah dikenal secara luas
· Menginformasikan kepada konsumen tentang
peningkatan kualitas produk
·
Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat
penjualan produk
·
Memotivasi konsumen agar memilih atau
membeli suatu produk.
People
merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan
karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan
berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge
(pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal
perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam
people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment
of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen.
Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti
penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan
tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian
pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
6. Process
Process,
mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada
konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu
sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh
operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang
terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal
terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
7. Physical Evidence
Building
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter .
Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan
tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood
pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan
ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan
nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa
dengan kelas market khusus.
Referensi
:
http://ruangmarketing.blogspot.com/2012/12/pengertian-bauran-pemasaran-marketing.html
(diakses pada tanggal 8/11/2018)
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/
(diakses pada tanggal 8/11/2018)
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ (diakses pada tanggal 8/11/2018)
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ (diakses pada tanggal 8/11/2018)
http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html
(diakses pada tanggal 8/11/2018)
Komentar
Posting Komentar